Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut
pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap,
mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di
Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil
tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh
Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun
1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya
Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard
Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut
dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya,
seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan
dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara
lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang
tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang
dan harga bahan bakar yang mahal
Temuan Awal
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans
pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang
bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi
pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan
roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin
dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara
terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler
dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin
mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan
industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz
pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa
dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada
1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah
besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih
perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah
diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan
diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan
diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant
pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya
dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap
oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan
industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen
hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru
hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam
penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika
barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan
cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil.
Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph
Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770.
Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll
pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899
di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang
terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama
kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak
perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan,
dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil
selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi
yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan
ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah
diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api
sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai
pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan
pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan
mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan
mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun,
angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan
perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan
akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih
banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Sumber : kompas, antara, wikipedia dan berbagai sumber lainnya
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut
pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap,
mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di
Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil
tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh
Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun
1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya
Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard
Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut
dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya,
seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan
dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara
lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang
tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang
dan harga bahan bakar yang mahal
Temuan Awal
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans
pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang
bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi
pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan
roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin
dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara
terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler
dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin
mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan
industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz
pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa
dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada
1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah
besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih
perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah
diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan
diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan
diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant
pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya
dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap
oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan
industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen
hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru
hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam
penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika
barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan
cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil.
Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph
Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770.
Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll
pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899
di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang
terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama
kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak
perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan,
dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil
selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi
yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan
ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah
diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api
sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai
pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan
pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan
mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan
mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun,
angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan
perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan
akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih
banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Sumber : kompas, antara, wikipedia dan berbagai sumber lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar